Please ensure Javascript is enabled for purposes of website accessibility

Seputar Peradilan

workshop1

Mataram, 23 Maret 2022

Setelah  melaksanakan sosialisasi PermenPAN & RB Nomor 90 Tahun 2021 dengan Pengadilan Agama sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Mataram pada tanggal 25 Februari 2022, PTA Mataram kembali menyelenggarakan rapat secara virtual dengan Pengadilan Agama sewilayah pada Rabu, 23 Maret 2022 Pukul 14.30 – 16.00 WITA bertempat di Command Center PTA Mataram. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut hasil “Workshop & Evaluasi Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas Tahun 2022” yang diadakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung selaku Tim Penilai Internal (TPI) pada Rabu, 23 Maret 2022, Pukul 10.00 WITA s.d. 13.00 WITA.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Mataram Sutarno, S.H., M.H. menyebutkan beberapa hal yang dianggap krusial dalam perubahan syarat WBK/WBBM salah satunya adalah dilakukan penilaian secara berjenjang pada seluruh satuan kerja. Pengadilan Agama yang akan mengikuti kontestasi WBK dan WBBM akan melalui penilaian terlebih dahulu oleh Pengadilan Tinggi Agama Mataram, kemudian akan dilanjutkan penilaian oleh Tim Penilai Internal (TPI) Mahkamah Agung. Selain itu, terdapat juga perubahan tentang penilaian yang akan diambil 60% dari komponen pengungkit dan 40% komponen hasil. Untuk komponen pengungkit sendiri terdapat 2 aspek yaitu pemenuhan dan aspek reform.

Workshop

PermenPAN & RB Nomor 90 Tahun 2021 mengisyaratkan strategi percepatan pembangunan Zona Integritas. Lima strategi yang harus dilakukan untuk keberhasilan pembangunan Zona Integritas di instansi pemerintah: (1) Komitmen pimpinan merupakan landasan utama dalam membangun unit kerja menuju WBK/WBBM, (2) Kemudahan dalam pelayanan dengan menyediakan SDM kompeten, ramah, dan dapat dipercaya, serta berbagai fasilitas yang lebih baik dalam menunjang, (3) Program yang menyentuh masyarakat, yaitu program-program yang dibuat dapat langsung dirasakan manfaatnya dan memenuhi kebutuhan serta harapan masyarakat, (4) Melakukan pemantauan untuk memastikan bahwa program-program unit kerja yang sedang membangun ZI tetap berada pada jalurnya dan evaluasi berkelanjutan, (5) Manajemen media dengan menetapkan strategi komunikasi untuk memastikan bahwa setiap aktivitas, perubahan, dan inovasi pelayanan yang telah dilakukan oleh  unit kerja yang membangun ZI diketahui dan dipahami masyarakat.

Yang menjadi catatan penting pembangunan Zona Integritas memastikan instansi pemerintah melaksanakan tugas dan fungsi untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat. Tetap semangat dan Tetap melakukan hal yang terbaik.