Please ensure Javascript is enabled for purposes of website accessibility

Seputar Peradilan

hariPahlawan1

Mataram, 10 November  2022

Pengadilan Tinggi Agama Mataram menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-77 Tahun 2022 pada hari Kamis (10/11). Upacara ini dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Mataram, Dr. H. Empud Mahpudin, yang bertindak sebagai inspektur upacara. Upacara ini dihadiri oleh seluruh Hakim Tinggi, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional serta seluruh ASN Pengadilan Tinggi Agama Mataram.

Dalam amanat Menteri Sosial RI yang dibacakan oleh Dr. H. Empud Mahpudin, bahwa Hari Pahlawan setiap tahun kita peringati dengan renungan yang sungguh sungguh untuk menemukan kembali jejak para Pahlawan dalam hidup kita sebagai Bangsa dan Negara Merdeka. Kita hidupkan kembali dalam benak kita perjuangan para Pahlawan Bangsa. Dari para Pejuang yang gugur dalam palagan pertempuran mempertahankan Kemerdekaan, penting kita resapi semangat dan keikhlasannya. Hari Pahlawan sekiranya tidak hanya sekedar diingat setiap tanggal 10 November namun lebih dari pada itu bagaimana menanamkan nilai-nilai kepahlawanan kepada generasi sekarang untuk mengisi kemerdekaan. Maksudnya setiap insan masyarakat Indonesia seyogyanya memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk membangun negeri sesuai dengan potensi dan profesi masing-masing yang perlu terus dipertahankan oleh kita semua untuk mengenang para pahlawan. Hal ini sebagaimana tema Hari Pahlawan Tahun 2022 “PAHLAWANKU TELADANKU”.

hariPahlawan

Pada Upacara Hari Pahlawan ini juga dibacakan pesan-pesan perjuangan atau kata mutiara dari pahlawan nasional, termasuk Ir. Soekarno yang disampaikan pada Pidato Hari Pahlawan, 10 November 1961, “Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Dan berikan aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia” serta Moh. Hatta yang berpesan “Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata untuk membela cita-cita”.