406 PEMBINAAN DAN SOSIALISASI 9 APLIKASI DITJEN BADILAG WILAYAH PTA MATARAM

Arsip Berita

pembinaan bima

Bima, 22/11/2019 – Bertempat di Hotel Mutmainnah Bima, Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama (Dirjen Badilag) Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. melakukan Pembinaan dan Sosialisasi 9 (sembilan) Aplikasi Ditjen Badilag kepada Ketua, Wakil Ketua, Panitera, Sekretaris, Kabag Umum dan Keuangan, Kabag Perencanaan dan Kepegawaian, serta para Ketua, Wakil Ketua, Panitera, Sekretaris Wilayah PTA Mataram beserta Tim IT PTA Mataram.

pembinaan bima 1

Mengawali kegiatan Pembinaan dan Sosialisasi 9 Aplikasi Ditjen Badilag, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Mataram (PTA Mataram) Drs. H. M. Alwi Mallo, M.H., dalam sambutanya sangat mengapresiasi atas kinerja positif semua PA di wilayah PTA Mataram karena selalu mendukung dan melaksanakan program-program unggulan Badilag hingga dapat membuat beberapa inovasi dalam peningkatan pelayanan para pencari keadilan, sekaligus beliau memintau kesediaan Bapak Dirjen Badilag MA RI untuk memberikan pembinaan, arahan dan motivasi untuk perbaikan, dan peningkatan kualitas kinerja dan pelayanan.

Dalam pembinaan tersebut Dirjen Badilag memaparkan terkait 9 (sembilan) aplikasi inovasi Badilag yang dilaunching pada tanggal 19 Agustus 2019 bertepatan dengan Ulang Tahun Mahkamah Agung yang ke 74. Aplikasi tersebut bertujuan untuk mendukung pelaksanaan Perma 1 Tahun 2019 terkait e-litigation. Elitigation merupakan sistem persidangan di pengadilan secara elektronik sebagai salah satu upaya mendukung kemudahan berusaha di bidang pelayanan Pengadilan di Indonesia serta mewujudkan visi Mahkamah Agung RI menuju Peradilan yang Agung. Diharapkan pada tahun 2020 seluruh Pengadilan di Indonesia sudah menerapkan elitigation.Untuk mendukung elitigation, Dirjen Badilag mengharapkan seluruh Pengadilan di Wilayah PTA Mataram sudah menerapkan 9 aplikasi tersebut sebelum tanggal 25 November 2019, Badilag akan melakukan monitoring terkait penerapan 9 aplikasi tersebut.

pembinaan bima 2

Disamping menyampaikan hal-hal teknis, Dirjen Badilag juga melakukan “Audit” terkait Monitoring Penyelesain Perkara, Ecourt, Website, dan Realisasi Anggaran (DIPA 01 & DIPA 04), pada Pengadilan sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Mataram. Audit kinerja bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan.

Dirjen Badilag sangat berterimakasih atas kinerja terkait penyelesaian perkara yang selalu mengalami peningkatan dari minggu ke minggu dan selalu masuk zona hijau.***(angga/photo:zulpan).