376 PTA MATARAM RAIH PENGHARGAAN PENYUSUNAN LK TINGKAT UAPPA W LINGKUP PROV NTB TAHUN 2018

Arsip Berita

Mataram, 15/10/2019 PTA Mataram – Pengadilan Tinggi Agama Mataram (PTA Mataram) mendapatkan penghargaan dalam rangkaian acara Sosialisasi dan Penyuluhan SAI dan PIPK Tingkat UAPPA-W yang diselenggarakan oleh Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB) Prov. NTB di Hotel Aston Inn, Mataram pada Selasa (15/10).

Dalam kegiatan ini PTA Mataram meraih penghargaan Terbaik Kedua dalam Penyusunan Laporan Keuangan Tingkat UAPPA-W Lingkup Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2018. Penghargaan diserahkan langsung oleh Syarwan, S.E., M.M., selaku Kepala Kanwil DJPB Prov NTB. Terdapat tiga aspek yang diperhitungkan yaitu : (i) Aspek Tepat Waktu, (ii) Aspek Akurat, (iii) Aspek Estetika.

Kepala Kasubdit BaI BUN, Denny Febriano Singawiria menyampaikan hal-hal yang menjadi sorotan BPK terkait banyaknya temuan tingkat nasional, diantaranya persediaan, asset tetap, (TKTM) transfer keluar transfer masuk. Terkait penyusunan laporan keuangan, Denny menyampaikan bahwa Laporan Keuangan Triwulan disusun per 30 september 2019 dengan membandingkan Laporan Keuangan Tahun 2018, termasuk untuk Laporan Operasional, Laporan Realisasi Anggaran, dan Laporan Perubahan Ekuitas, sedangkan Neraca 2019 dibandingkan dengan neraca per 31 Desember 2018.

Hal yang lebih penting dan terbaru yaitu PIPK (Pengendalian Internal atas Pelaporan Keuangan), hal ini mulai diterapkan Tahun 2020, dan dilaksanakan per tahun. Objek pengendalianya yaitu Pengelola Keuangan/Anggaran, sedangkan untuk pengawasnya tidak diperbolehkan yang melaksanakan anggaran, terkait hal tersebut akan ada SK untuk PPIK.

Dengan adanya PPIK, diharapkan seluruh temuan yang menjadi sorotan BPK dapat diminimalisir ungkap Denny.