328 PEMBINAAN TEKNIS JUDICIAL DAN KEBIJAKAN DITJEN BADILAG MARI

Arsip Berita

Pembinaan Teknis Judicial dan Kebijakan DITJEN BADILAG MARI
Pembinaan Teknis Judicial dan Kebijakan DITJEN BADILAG MARI

Mataram, 25/08/2019 – Bertempat di Hotel Grand Legi Mataram, Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung Dr. H. Amran Suadi, S.H., M.Hum., M.M., bersama dengan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama (Dirjen Badilag) Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. melakukan Pembinaan Teknis Judicial dan Kebijakan DITJEN BADILAG Mahkamah Agung RI kepada para Ketua dan Sekretaris Pengadilan Tingkat Banding seluruh Indonesia, Hakim Tinggi, Panitera, Sekretaris, Pejabat Struktural dan Fungsional PTA NTB, Ketua, Wakil Ketua, Panitera, Sekretaris pada Pengadilan Tingkat Pertama se wilayah NTB dan Bali.

Dalam pembinaan tersebut Ketua Kamar Agama menyampaikan materi terkait Tugas Pokok Pengadilan Agama khususnya Hakim dalam bertugas memeriksa, mengadili, memutus dan menyelesaikan perkara (core business) serta langkah-langkah yang ditempuh untuk kesatuan hukum dalam permasalahan teknis yustisial di lembaga peradilan. Lebih lanjut, Ketua Kamar Agama tidak lupa menyampaikan hal-hal yang perlu mendapat perhatian bagi Hakim-Hakim Pengadilan Agama.

Pembinaan Teknis Judicial dan Kebijakan DITJEN BADILAG MARI
Pembinaan Teknis Judicial dan Kebijakan DITJEN BADILAG MARI

Sejalan dengan yang disampaikan oleh Ketua Kamar Agama, Dirjen Badilag dalam materi Kebijakan Ditjen Badilag MARI menyampaikan perihal terkait Modernisasi Pengadilan dalam Perma 1 Tahun 2019 tentang administrasi perkara dan persidangan di Pengadilan secara elektronik. Perma 1 Tahun 2019 merupakan pengembangan dari Perma 3 Tahun 2018, yang dimana Perma 1 Tahun 2019 meliputi, e-filling (Pendaftaran), e-payment (Pembayaran), e-summons (Pemanggilan), e-litigation (Persidangan).

Disamping menyampaikan hal-hal teknis, Dirjen Badilag juga melakukan “Audit” terkait Monitoring Penyelesain Perkara, Ecourt, Website, dan Realisasi Anggaran, pada Pengadilan Tingkat Banding seluruh Indonesia dan Pengadilan Tingkat Pertawa se wilayah Pengadilan Tinggi Agama Nusa Tenggara Barat.

Dirjen Badilag dan Ketua PA Girimenang Dirjen Badilag dan Ketua PA Praya

 Dirjen Badilag dan KPA Girimenang*foto kiri | Dirjen Badilag dan KPA Praya*foto kanan

Acara pembinaan ini merupakan rangkaian dari Acara Purnabakti Ketua Pengadilan Tinggi Agama Nusa Tenggara Barat, yang akan dilaksanakan pada hari Senin 26 Agustus 2019.***(angga/photo:rijal)